News

Pelantikan Ketua dan Pengurus PERKI cabang Pekanbaru, Ketua PP mengungkapkan tantangan di era badai regulasi.

PERKI Pelantikan Ketua dan Pengurus PERKI cabang Pekanbaru, Ketua PP mengungkapkan tantangan di era badai regulasi.
Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Kardiovaskular Indonesia ( PP PERKI) resmi melantik jajaran pengurus PERKI cabang Pekanbaru. Dalam Acara Siang Klinik Vaskular POKJA Vaskular PP PERKI, PERKI Cabang Pekanbaru Sabtu, 3 Agustus 2019. Pelantikan ini secara langsung dilakukan oleh oleh Ketua PP PERKI DR.dr. Isman Firdaus, SpJP (K). Ketua baru yang dilantik adalah dr. Dasdo Antonius Sinaga Sp.JP(K) menggantikan DR.dr. Jajang Sinardja, SpJP (K). Setelah pelantikan, dalam sambutannya Dr. Dasdo menegaskan mengenai kepengurusan PERKI Cabang Pekanbaru kedepannya diharapkan untuk mengedepankan edukasi buat pasien karena masih banyak pasien dan masyarakat yang belum sadar mengenai bahaya penyakit jantung dan pembuluh darah. Prevensi perlu mendapatkan perhatian lebih lagi, tegasnya.
 
“Masyarakat di Pekanbaru khususnya dan pada umumnya di Provinsi Riau mulai mengedepankan prevensi atau pencegahan, jangan cuma mencari pengobatan pada saat sudah sakit tapi mulai memikirkan untuk mencegah faktor-faktor yang harus kita jaga dengan sangat baik seperti tekanan darah, gula darah agar jangan sampai terkena penyakit diabetes mellitus, kontrol tekanan darah tinggi dan menjaga kadar kolesterol, serta mulai berolahraga teratur juga tentunya sadar untuk berhenti merokok, karena faktor-faktor tersebut adalah faktor-faktor yang bisa di jaga agar tidak terkena penyakit jantung dan stroke.” 
 
Sebagai ketua PP, Dr. dr. Isman Firdaus, Sp.JP(K)  menerangkan " Bertambahnya dokter jantung tentu bukan hanya mengenai jumlah tapi juga kemampuan untuk melayani masyarakat. Diharapkan masyarakat yang ada di Pekanbaru tidak perlu pergi kemana-mana, cukup dengan dokter jantung yang ada di Pekanbaru bisa melakukan pelayanan jantung yang modern, mutakhir dan canggih, sehingga tidak perlu ke Singapura atau ke Jakarta karena di Pekanbaru sudah bisa kateterisasi, pemasangan ring kemudian operasi dan juga tindakan untuk menangani serangan jantung (Primary Percutaneous Coronary Intervention), tersedianya ruang kateterasi, dokter yang sudah ahli yaitu 5 dokter jantung yang tercatat disini yang sudah advanced memiliki kompetensi tambahan”
 
DR. dr. Isman Firdaus, Sp.JP(K) juga menjelaskan tugas kepengurusan PERKI Cabang Pekanbaru “Tugas kepengurusan adalah membantu meningkatkan kemampuan dari anggota dan juga bekerja sama dengan Pemerintah dan Organisasi lain di Pekanbaru dalam rangka menurunkan angka kematian dan kesakitan dari penyakit kardiovaskular. Yang kita ketahui di Indonesia dari data Riskesdas 1,5% jumlah penduduk Indonesia di diagnosis dokter menderita penyakit jantung. Jadi kalau 280 juta penduduk Indonesia, 4,8 juta penduduk Indonesia diagnosis dokter menderita penyakit jantung. Data ini cukup besar, kita butuh bantuan tidak hanya dari pusat tapi dari seluruh Indonesia bergerak dalam hal ini dokter jantung ikut menanggulangi penyakit kardiovaskular bersama sama. Dengan kemampuan yang sama dan seragam dari Sabang sampai Merauke jadi  semuanya dengan standar perhimpunan yang telah kita buat”. Acara pelantikan ini dilanjutkan dengan ramah tamah bersama anggota PERKI Pekanbaru dan berlangsung penuh kekeluargaan khas PERKI. Ketua PP DR dr.Isman juga melayani tanya jawab seputar pelayanan kardiovaskular di Pekanbaru dan memberikan penjelasan mengenai era disrupsi dan badai regulasi yang menjadi tantangan kardiolog-kardiolog Indonesia saat ini sehingga demikian pentingnya untuk bekerja sesuai standar kompetensi dan surat ijin sesuai regulasi yang berlaku.
 
Selamat bertugas dr.Dasdo Antonius Sinaga, SpJP(K) dan segenap jajaran PERKI Pekanbaru!
 
 
 

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KARDIOVASKULAR INDONESIA (PERKI)