Salam sejawat,

Kita akan manfaatkan ruang mengenai etik didalam web PERKI ini untuk saling bertukar informasi.

Masalah Etik adalah ibarat gunung es dalam kehidupan profesi kita sehari-hari, tanpa kita sadari mungkin saja kita, saya dan anda, melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan etika profesi.

Etika

Pengertian Etika (etimologi) berasal dari bahasa yunani yaitu Ethos yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia etika adalah nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat.

Fungsi Etika

Di Era Modernisasi dengan segala kecanggihan yang membawa perubahan dan pengaruh terhadap nilai-nilai moral, adanya berbagai pandangan ideology yang menawarkan untuk menjadi penuntun hidup tentang bagaimana harus hidup dan tentunya kita hidup dalam masyarakat yang semakin pluralistic, untuk itu sampailah pada suatu fungsi utama etika, yaitu untuk membantu kita mencari orientasi secara kritis dalam berhadapan dengan moralitas yang membingungkan.

Saya ingatkan bahwa PERKI sudah memiliki Pedoman Kode Etik Dokter Perhimpunan Kardiologi Indonesia yang dikeluarkan pada 10 Januari 2020. Saya sarankan agar para sejawat sering membaca pedoman tersebut, dan kita akan bertemu kembali dalam acara Webinar yang telah dilaksanakan secara teratur.

Ketua

DR. Dr. ANWAR SANTOSO, SpJP(K), FIHA


Anggota

Dr. EKO ANTONO, SpPD, SpJP(K), FIHA   Dr. SUHENDIWIJAYA, SpJP, FIHA

ORTALA DEWAN ETIK PERKI

05 February 2020

dewan etik PERKI; ortala etik; pedoman dewan etik PERKI

Download

PERKI; Code of Ethics; Cardiologists

Download